Kamis, 16 April 2015

TRAVELER (Kuliah Lapangan Pariwisata Bali 2015 STIEPAR BANDUNG)

 STUDY WITH FUN

     Bali, ya bali adalah salah satu keajaiban dunia yang dimiliki oleh negeri tercinta ini INDONESIA, keindahan alam Indonesia sungguh menakjubkan berbagai wisatawan domestik maupun mancanegara silih berganti mengunjungi pulau bali tidak hanya pantai yang indah namun pulau bali atau yang lebih dikenal dengan pulau dewata ini memiliki kebudayaan yang sangat luaaaaaar biasa. ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi pulau bali, bali memang memiliki keindahan yang luar biasa pantas saja disebut salah satu keajaiban dunia. 
disana saya dikenalkan dengan beberapa objek wisata yang paling terkenal oleh tour guide, sangat menyenangkan dan tentu saja ilmu pengetahuan tentang pariwisata bertambah terutama dalam kebudayaannya dan nilai seni yang ada dibali membuat para wisatawan ingin mengetahuinya lebih lanjut.

      Wisata budaya menjadi wisata unggulan dipulau bali, diantaranya tarian barong yang mengisahkan peperangan antara dewi Parwati dan Mahadewa (Dewa Shiwa).


        Adapun objek wisata yang menunjang yaitu wisata alam (gunung, danau, air terjun, pantai, dll) bali memiliki pantai yang indah dan bersih contohnya pantai pandawa disini pun wisatawan banyak yang berdatangan berbagai alasan mereka datang hanya untuk menikmati keindahan pantai dibali.
perjalanan menuju bali begitu melelahkan, berbagai akomodasi kami jajaki hanya untuk berwisata kepulau bali, bukan anak pariwisata kalau belum pernah mengunjungi pulau bali.
hal mistis pun dibali masih sangat kuat, kami disarankan untuk mematuhi aturan yang ada disetiap objek wisata. Bangunan pun maksimal berketinggian 4 lantai tidak melebihi pohon kelapa, disana juga setiap bangunan harus ada pura yang dipenuhi sesajen.
         Mungkin bunga kamboja diluar pulau bali hanya menjadi hiasan dipusara atau sering kita sebut dengan pemakaman, tetapi dibali sendiri bunga kamboja  itu memiliki keunggulan tersendiri yaitu dijadikan sesajen. bunga kamboja dibali sangat dibutuhkan, tidak heran disetiap bangunan pasti terdapat bunga kamboja baik itu yang berwarna putih atau kunig, merah, dan ungu.

       Sesajen harus ada setiap hari sehari tiga kali yang dianggap dapat mengusir roh jahat dan dapat mendatangkan keberkahan juga keselamatan. Pohon dibali sering dibungkus dengan kain yang berwarna hitam dan putih yang menandakan adanya keseimbangan. Jika terdapat payung maka itu menandakan adanya perlindungan.
Sesajen harus ada 3 unsur diantaranya bunga, air, dan api.

Canang sari adalah inti dari pikiran dan niat yang suci sebagai tanda bhakti atau hormat kepada Hyang Widhi ketika ada kekurangan saat sedang menuntut ilmu kerohanian.
Adapun komponen Canang Sari diantaranya:
1.     Daun janur sebagai alas.
2.     Porosan (sebentuk kecil daun janur kering yang berisi kapur putih).
3.     Seiris pisang.
4.     Seiris tebu.
5.     Boreh milk (sejenis bubuk berbau wangi).
6.     Kekiping (sejenis kue dari ketan yang kecil dan tipis.
7.     Diatasnya diletakkan bunga beranekaragam (putih, kuning, dan merah).
8.     Sesari pis bolong atau uang.
9.     Beras.
10. Sampian uras.
11. Kembang rampai.
       Kesan saya selama dibali memang sangat menyenangkan dan menambah pengetahuan khususnya dalam ilmu pariwisata. Pesan saya untuk pulau bali yaitu masyarakat, pemerintah, dan pengelola objek wisata dibali harus saling berkesinambungan agar pulau bali bisa mempertahankan wisata budayanya dan lebih mengembangkan objek wisata yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar